Header Ads Widget

Cara membuat database dengan mudah

membuat data base dengan menggunkan localhost dan aplikasi xampp

Membuat sebuah database merupakan suatu langkah awal untuk membuat sebuah program, mau itu perogram berbasis web ataupun destop, jadi kali ini saya akan membagaikan cara membuat data base dengan mudah.
Cara yang saya bagikan kali ini sangat mudah karna temen-temen bisa langsung membuatnya tanpa perlu susah paya mengetik perintah dengan manual, temen-temen tinggal mengisi form yang telah disediakan.
Langsung saja ikuti langkah-langkah membuat data base dengan aplikasi xampp :
1. Dalam tahap pertama ini anda memerlukan aplikasi xampp, dan browser, bisa menggunkan google crome atau mozila firefox, silahkan anda download lalu instal terlebih dahulu.
2. Jika sudah selesai maka buka kedua aplikasi tersebut yaitu xampp dan browser.
3. Kemudian lihat pada aplikasi xampp, klik start “apache” dan “mysql”, jika berhasil akan ada tulisan “running” seperti gambar dibawah  ini.


4. Langkah selanjutnya silahkan temen-temen buka browser lalu ketik perintah “localhost” (tanpa tanda petik) lalu tekan enter. Jika berhasil maka anda akan masuk ketampilan utama.
5. Klik menu “phpmyadmin” perhatikan gambar dibawah ini.

6. Jika sudah maka anda akan masuk ke tahap pertama membuat database, pada kolom “ciptakan database baru” silahkan anda ketik database “PENGGAJIAN” lalu tekan tombol “Ciptakan” yang ada pada pada samping kolom.
7. Jika sudah membuat database, langkah selanjutnya yaitu membuat tabel, silahkan anda buat tabel, pada kolom “nama” anda ketik “Karyawan” (tanpa tanda petik) lalu pada kolom “Number Of Fields” anda isi “6” pada kolom tabel, kemudian klik Go. Perhatikan gambar berikut.


8. Jika anda sudah membuat sebuah tabel dengan nama karyawan maka akan tampil jendela baru, dimana anda akan mengisi tiap field, kemudian klik simpan atau go. Langsung saja silahkan anda isi field sesuai dengan gambar dibwah ini.

Keterangan membuat tabel :
=>Ketika anda mengisi feild-field pada form tabel “jangan ada spasi pada kata” contoh. “NAMA KARYAWAN”,  jika menurut anda kata tersebut memerlukan pembatas silahkan gunakan simbol ( _ ) contoh “NAMA_KARYAWAN”
=>Keterangan Tipe Data
     a. int untuk (angka contoh : 1234)
     b. varchar untuk tipe data karakter

9. Jika anda sudah membuat tabel maka langkah selanjutnya yaitu mengisi field-field pada tabel yang telah anda buat tadi, caranya,  pada menu di atas ada yang namanya “Sisipkan” silahkan anda klik, Maka akan tampil form baru kemudian silahkan anda isi sesuai dengan keinginan anda, contoh perhatikan gambar dibawah ini, jika sudah silahkan anda klik “Go”.


10. Jika sudah ketahap sembilan diatas maka anda sudah berhasil membuat sebuah database, dengan nama database penggajian dan tabel karyawan.
Itulah tutrial sederhana membuat sebuah database dengan mudah, jika ada yang kurang jelas dalam penulisan saya meminta maaf, sekian.

Posting Komentar

0 Komentar