Belajar Rumus Penjumlahan Pada Microsoft Excel

Slamat datang selamat belajar !  

        kali ini saya akan membahas rumus dari Microsoft Excel dimana seperti yang kita ketahui Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi yang diciptakan untuk mengolah angka, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Maka dengan aplikasi Microsoft Excel dan fitur-fiturnya sangat cocok untuk anda ketika anda bekerja di bidang keuangan yah gan.
Dan kali ini saya akan membahas rumus penjumlahan pada MicrosoftExcel, pada kesempatan kali ini saya menggunakan Microsoft Excel 2010 yah gan. Veris berapa aja sama gan untuk penjumlahan.

     Harus anda ketahui biasanya sebelum menuliskan rumus pada Microsoft Excel biasanya penulisan diawali dengan simbol sama dengan (=) karna jika tidak diberikan simbol sama dengan maka rumus pada microsoft excel tidak akan bekerja.

     Sebelum ke pembahasan  saya akan memberikan contoh mana yang disebut kolom dan mana yang disebut baris perhatikan gambar berikut.



Gambar 1.1 Baris dan Kolom


      Seperti pada gambar diatas itu adalah tampilan dari Microsoft Excel perhatikan gambar  yang saya lingkari :
            a.    Lingkaran merah satu itu yang disebut kolom
            b.    Lingkaran kuning 2 itu yang disebut baris

Saya harap temen-temen ngerti nih yah apa yang saya maksud.!

         Langsung saja kita bahas cara penjumlahan atau rumus penjumlahan pada Microsoft Excel

    1.    Rumus Tambahan Pada Microsoft Excel  

Biasanya dengan simbol tambah seperti ini  (+) Caranya :
Isi dulu kolom A baris ke 2 dengan anka dan isi kolom B baris ke 2 dengan anagka.
Arahkan kursor anda di kolom C lalu ketik perintah “ = A2 + B2 “ (tanpa tanda petik lalu) tekan enter, maka akan muncul hasilnya dikolom C baris ke 2. Perhatikan gambar berikut ini.



 Gambar 1.2 Rumus Penjumlahan

 2.    Rumus pengurangan biasanya menggunakan simbol pengurangan (-) atau min, seperti pada contoh satu tentang tambahan caranya hampir sama
Arahkan kursos anda di kolom C baris kedua lalu ketik perintah “= A2 – B2” (tanpa tanda petik) lalu tekan enter kembali. Ingat awal penulisan gunakan simbol sama dengan (=) Jika masih keliru coba lihat kembali contoh yang pertama.
  
 3.  Rumus Pembagian caranya masih sama dengan cara tambahan dan pengurangan di langkah  satu dan dua. Hanaya saja simbol yang digunakan berbeda dengan simbol penjumlahan pada umumnya, biasanya simbol bagi yang kita ketahui menggunakan simbol titik dua ( : ) tapi pada Microsoft Excel simbol pembagian adalam menggunakan garis miring ( / ) langsung kelangkahnya ya.
Seperti biasa arahkan kursor anda dibagian kolom C dan dibaris ke 2 lalu ketik perintah “= A2 / B2” lalu tekan enter.

 4.    Rumus Perkalian ingat langkahnya masih tetap sama hanaya saja seperti rumus pembagian, simbol dari perkalianpun berbeda dengan simbol pada umumnya, simbol perkalian biasanya menggunakan huruf ( X ) tapi pada Microsoft Excel simbol nya adalah bintang (*).
Langsung saja lakukan cara seperti diatas arahkan kursor anda di kolom C dibaris kedua lalu ketik perintah “= A2 / B2“ tekan enter maka hasilnya akan muncul di kolom C

Itulah sedikit penjelasan mengenai rumus Microsoft Excel serta cara menggunakanya, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar apabila penjelasan diatas kurang dipahami.
   
Sekian dan terimakasih.!!!!!!!!!