Kemanan Komputer atau Komputer Security


          Keamanan Komputer adalah suatu proses pencegahan dan meminimalisir terjadinya pencurian sebuah data peting yang bersifat pribadi dan tidak untuk dipublikasikan.

  



Biasanya pencurian data terjadi ketika sebuah sistem tidak dilengkapi pengaman. Sehingga memudahkan siapa saja untuk mengakses dan mencuri data-data pribadi dan bersifat rahasia. Maka perlu dilakukan sebuah tindakan meminimalisir dan mencegah seseorang yang tidak memiliki akses untuk mendapatkan data pribadi dan bersifat rahasia. 


Dengan adanya suatu kemanan komputer atau Computer Security pada sebuah sistem atau sebuah perangkat bisa meminimalisir pencurian data atau setidaknya data yang kita miliki tidak mudah dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Definisi keamanan komputer menurut para ahli sebagai berikut :

      1.      Kemanan Komputer Menurut John D. Howard pada  bukunya “An Analysis of security incidents on the internet ” mengatakan  bahwa :
Keamanan komputer adalah tindakan pencegahan dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab.

     2.      Kemanan Komputer Menurut Gollmann pada tahun 1999 pada bukunya  Computer Security” mengatakan bahwa :
Keamanan komputer adalah berhubungan dengan pencegahan diri dan deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam system komputer.

         Diera teknologi yang saat ini meningkat pesat pencurian data sering kali terjadi karna banyaknya fasilitas peretas sebuah sistem yang secara bebas disebar luaskan tentunya kita sebagai pengguna sistem harus lebih berhati hati dalam menjaga dan mengamankan data.Pencurian data bisa dilakukan secara langsung atau bisa juga melalui sebuah jaringan.

Beberapa faktor pencurian data:

      1.      Pengetahuan dan pengguna komputer dan internet semakin bertambah.
      2.      Kelemahan pada sebuah software atau sistem.
      3.      Sistem tidak diberikan pengaman seperti PIN atau Password.
      4.      Banyaknya sistem peretas, dan penyalah gunaan sistem peretas.
      5.      Meningkatnya kemampuan dalam menggunakana internet dan koputer.
      6.      Sistem tidak termonitoring dengan baik.
      7.      Pengguna aplikasi dalam menjalankan bisnis semakin meningkat.
  
        Sebuah proses pengamanan data sangat penting dilakukan karna ini bertujuan untuk  menjaga sebuah data penting yang tidak bisa sembarang orang untuk mengakses atau mencuri data. Adapun solusi pencegahan data sebagai berikut :

    1.      Update pengetahuan serta mengasah kemampuan admin/operator sistem agar dapat melihat perkembangan yang terjadi sehingga admin nantinya dapat melakukan pengamanan sistem dan meminimalisir pencurian data.
      2.      Selalu lakukakn backup data-data penting.
      3.      Sistem harus termonitoring dengan baik.
      4.      Update antivirus terbaru agar sistem tidak mudah diretas virus.
     5.      Lakukan pengamanan pada sistem dengan melengkapi PIN atau Password  
     6.      Lengkapi sistem dengan password yang terenkripsi agar tidak mudah dikenali.

        Kemanan komputer diciptakan bukan hanya untuk mencegah sebuah pencurian data tetapi juga untuk mengamankan data agar data tidak hilang karna sebuah data bisa hilang tidak hanya dengan dicuri tetapi bisa diakibatkan karna faktor alam.
 
       Selain dari pencurian data yang bisa dilakukan secara langsung, menggunakan internet dan terinpeksi virus. Data bisa hilang karna faktor alam seperti gempa bumi, banjir serangan petir dan lain sebagainya maka dari itu pengamanan sebuah sistem saja tidak cukup perlu diperhatikan pengamanan perangkat kerasnya seperti PC atau Serrver, beberapa pengamanan dari sisi Hardware atau perangkat keras sebagai berikut :

    1.      Letakan perangkat komputer atau server pada sebuah gedung minimal lantai dua, agar dapat meminimalisisr terjadinya perendaman pada perangkat keras atau menghindari bencana banjir yang nantinya dapat merusak perangkat komputer atau server.
     2.      Tetap lakukan backup data, berupa soft copy  atau hard copy, tujuannya jika data hilang admin masih memiliki data copynya.
     3.      Letakan sebuah server pada lemari besi agar ketika terjadi gempa ada reruntuhan gedung yang jatuh maka server akan terlindungi.
     4.      Lengakapi ruang server dengan pendingin atau AC ini bertujuan agar perangakat keras tetap pada suhu yang stabil. Dan tidak terpengaruhi oleh cuaca panas.